Setiap manusia memiliki jatah hidup di dunia masing-masing, sehingga kita wajib mengimani rukun Iman serta kita dianjurkan untuk menjalankan perintah-Nya.

Sudah menjadi hal yang biasa jika semua umat muslim membahas akan roh yang terdapat pada dirinya. Bahkan banyak orang yang bertanya-tanya terkait roh dirinya. Sejatinya, sebagai umat muslim haruslah kita percaya dengan adanya alam kubur atau alam barzakh.

Mayoritas ulama berpendapat bahwa Allah dengan kuasanya mengembalikan roh seseorang ke dalam jasad jenazah ahli kubur. Dengan demikian, ahli kubur dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan malaikan Munkar dan Nakir.

Sementara Syekh Ibnu Hajar mengatakan bahwasanya Allah SWT hanya menghidupkan kembali setengah badan bagian atas ahli kubur. Dengan demikian, ahli kubur dapat memiliki kesadaran yang bermanfaat dalam memahami pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir dan menjawab pertanyaan keduanya.

ومحله بعد تمام الدفن وانصراف الناس فيعيد الله تعالى الروح إلى جميع البدن كما ذهب إليه الجمهور وقال ابن حجر إلى نصفه الأعلى فقط

Artinya, “Tempatnya (waktu bertanya malaikat) adalah setelah sempurna pemakaman jenazah dan berpaling pengantar jenazah dari makam. Allah mengembalikan roh ke seluruh anggota badan jenazah sebagaimana dipahami jumhur ulama. Ibnu Hajar mengatakan bahwa roh dikembalikan hanya setengah badan bagian atas,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Syarah Nuruz Zhalam ala Aqidatil Awam, [Semarang, Maktabah Thaha Putra: tanpa catatan tahun], halaman 17).

Para Ulama dari ahlussunnah wal jamaah memahami bahwa ahli kubur ditanya oleh malaikat dalam kondisi hidup dengan jasad dan rohnya. Hanya saja, ahli kubur tidak mengalami kehidupan secara utuh sebagaimana saat mereka hidup di alam dunia yang dapat bergerak aktif. Ahli kubur hidup seperti kehidupan orang yang tidur.

وغلط من قال يسأل البدن بلا روح ومن قال تسأل الروح بلا بدن لكن وإن عادت له الروح لانتفى إطلاق اسم الميت عليه لأن حياته ليست حياة كاملة بل أمره متوسط بين الموت والحياة كتوسط النوم بينهما

Artinya, “Keliru pendapat orang yang mengatakan bahwa raga akan ditanya (oleh malaikat) tanpa roh dan keliru pendapat orang yang mengatakan bahwa roh akan ditanya (oleh malaikat) tanpa raga. Tetapi jika roh dikembalikan ke raga, niscaya hilang kemutlakan sebutan ‘mayit’ padanya. Kehidupan ahli kubur bukan kehidupan sempurna, tetapi pertengahan antara kematian dan kehidupan sebagaimana pertengahan kondisi tidur antara mati dan hidup,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Syarah Nuruz Zhalam ala Aqidatil Awam, [Semarang, Maktabah Thaha Putra: tanpa catatan tahun], halaman 17).

Allah mengembalikan fungsi pancaindra, akal, dan kesadaran ahli kubur di alam barzakh. Dengan semua itu, ahli kubur dapat menangkap pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh keduanya sebagaimana pernyataan Al-Baijuri yang dikutip oleh Syekh M Nawawi Banten dalam Syarah Nuruz Zhalam ala Aqidatil Awam.

ويرد إليه من الحواس والعقل والعلم ما يتوقف عليه فهم الخطاب ويتحصل معه رد الجواب حين يسأل ذكر ذلك الباجوري

Artinya, “Panca indera, akal, kesadaran dikembalikan kepada ahli kubur sebatas dapat memahami ucapan yang ditujukan kepadanya dan sebatas dapat menjawab pertanyaan ketika diajukan pertanyaan kepadanya. Hal ini disebutkan oleh Al-Baijuri,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Syarah Nuruz Zhalam ala Aqidatil Awam, [Semarang, Maktabah Thaha Putra: tanpa catatan tahun], halaman 17). Dari beberapa ayat Allah dan hadits tersebut, maka sebaiknya kita di dunia ini mulai berlaku atau berbuat yang baik-baik. Sesungguhnya Allah bersama kami dimanapun tempat dan keadaannya. Wallahu a’lam bisshowab.